Oleh: hendrinova | Mei 31, 2010

‘DAYBREAKERS’ Kala Dunia Dikuasai Vampir


Hasrat manusia meraih kehidupan abadi, mencapai puncaknya di tahun 2019. Alasan takut kehilangan orang-orang yang dicintai, dijadikan penyebab tindakan menggigit saudara atau anak sendiri.

Dengan cara menggigit leher manusia, maka yang bersangkutan dapat berubah menjadi vampir. Hal itulah yang dialami Edward Dalton (Ethan Hawke) seorang dokter yang dijadikan vampir oleh saudara kandungnya, Frankie Dalton (Michael Dorman).

Ulah Frankie telah menjadikan Edward tersiksa. Ia tidak mau menulari manusia lain, dan lebih memilih meminun darah buatan hasil dari penelitian yang ia lakukan bersama rekan seprofesi.

Akibat wabah pemvampiran manusia, komunitas manusia tinggal sekitar 5 persen saja. Mereka hidup dalam ketakutan, dan menjadi sasaran vampir yang selalu mengincar mereka di siang dan malam hari.

Sementara manusia yang berhasil ditangkap, telah menjadi sapi perah oleh pebisnis bangsa vampir. Mereka ditempatkan dalam satu ruangan, diikat dengan mesin canggih, dan terus mengeluarkan darah dari tubuh.

Komunitas manusia benar-benar hampir punah. Itulah yang tidak diinginkan Edward, dan ia terus berusaha membuat darah buatan yang lebih menyerupai darah asli.

Hingga suatu hari, ia secara tidak sengaja bertemu dengan Audrey (Claudia Karvan) dan Lionel ‘Elvis’ Cormac (Willem Dafoe). Edward hampir saja tertembak, kalau ia tidak menyatakan dirinya berpihak pada manusia.

Ia kemudian menyelamatkan kedua manusia itu, dengan menaikkannya ke dalam mobil. Sepasukan tentara vampir memburu mereka, dan hampir saja membunuh Edward. Mobilnya ditembak, sehingga cahaya matahari menembus masuk ke dalam mobil.

Ketiganya berhasil melarikan diri. Sayang Edward tampak sangat kesakitan dan membutuhkan darah. Audrey langsung menyayat pergelangan tangannya, dan menyerahkan darah itu untuk diminum Edward.

Walau awalnya menolak, Edward akhirnya meminum juga darah itu. Tubuhnya kembali fit dan ia bisa memasuki markas populasi manusia. Di sana ia mendapat penjelasan, kalau ada cara yang bisa menjadikan vampir menjadi manusia lagi.

Elvis mengalami perubahan itu, kala kecelakaan menimpa dirinya di suatu siang. Mobil yang ia tumpangi menabrak pagar dan ia terlempar keluar melalui kaca depan.

Tubuhnya terbakar, dan untunglah sebelum hangus ia terlempar ke dalam sungai. Keluar dari sungai, terjadi perubahan drastis pada tubuh Elvis. Ia kembali menjadi manusia dan tidak terbakar matahari.

Lewat media yang dimiliki Elvis, Edward menjalani percobaan menjadi manusia. Di saat yang sama, tentara vampir sedang menuju markas manusia untuk ditangkap dan dipenjarakan.

Walau dipercobaan pertama dan kedua gagal, Edward tetap bersikukuh menjalani tes, dan ia berhasil. Ketiganya kemudian melarikan diri. Tujuan mereka rekan kerja Edward. Sayang Edward dikhianati, dan Audrey tertangkap.

Edward dan Elvis kemudian berada di bawah todongan senjata Frankie. Tak diduga, serangan kilat Frankie berhasil menggigit leher Elvis.

Edward yang tersisa, nekat mendatangi kantor bos vampir Charles Bromley (Sam Neill) yang sekaligus yang menguasai bisnis darah. Edward mendapat Audrey yang darahnya terus diambil untuk diminum.

Lobi yang dilakukan Audrey kandas dan serangan kilat telah membuat lehernya digigit. Keajaiban terjadi, karena darah Edward ternyata mampu menjadikan Charles menjadi manusia kembali.

Ia kemudian diikat di sebuah kursi dan diturunkan melalui lift. Begitu pintu lift terbuka, tentara vampir yang sudah sangat haus darah, langsung menyerang dan mempreteli anggota tubuhnya. Ia pun tewas.

Film besutan Sutradara Michael Spierig dan Peter Spierig ini, memberi gambaran kehidupan yang dikuasai makhluk penghisap darah. Kala korban yang akan dihisap sudah hampir punah, mereka pun akan berada di ambang kematian karena tidak ada makanan.

Jika diambil tamsilan, maka ia bisa menjadi gambaran dunia yang sudah dikuasai orang-orang jahat yang akhirnya makan sesamanya. Sekaligus sebagai peringatan, bahwa hidup dunia tidak akan abadi walau sudah menjadi vampir sekalipun. Hendri Nova

Jenis : Horor
Pemain : Ethan Hawke, Willem Dafoe, Claudia Karvan, Sam Neill, Isabel Lucas
Sutradara : Michael Spierig dan Peter Spierig

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: