Oleh: hendrinova | Mei 16, 2010

Warisan Emas untuk Penceramah


Tingginya ilmu pengetahuan yang dimiliki Syekh ‘Abdul Qadir Al-Jailani, menarik minat para pencari ilmu untuk menimba ilmu darinya. Sayang jarak dan waktu tidak dapat mengakomodir semuanya. Terutama masalah kesempatan mendengar langsung ceramah Syekh, yang sudah tertutup untuk generasi yang datang setelah meninggalnya ulama besar ini.

Untung semua itu sudah dipikirkan Syekh sejak dini, sehingga semua umat Islam sampai akhir zaman dapat membaca dan mengamalkan nasehatnya. Beliau menyempatkan diri menuliskan apa yang disampaikan, sehingga bisa dibukukan oleh generasi yang datang kemudian.

Segala sesuatu yang telah dijadikan buku, tentu akan memiliki daya jangkau transfer pengetahuan yang lebih luas. Jika dijelaskan secara detail, pembaca tentu akan lebih mudah lagi memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan.

Dari semua ceramah Syekh di depan umat, akhirnya bisa lahir sebuah buku yang lumayan tebal. Tentu banyak ilmu yang ditawarkan, untuk membimbing manusia menuju jalan Allah yang lurus sampai akhir zaman.

Buku berjudul Al-Fathu Ar-Rabbani Wa Al-Faidhu Ar-Rahmani ini, merupakan warisan paling berharga untuk umat Islam. Banyak ilmu yang bisa digali dan diamalkan dari buku ini. Penulis menyusunnya berdasarkan tanggal ceramah, sehingga pembaca seolah-olah dibawa dalam rutinitas sang Syekh.

Maka jangan heran pula, buku ini tidak disusun berdasarkan tema masing-masing ilmu. Seperti masalah riya yang ada di point delapan dan dibahas lagi di point 59. Tentu masih banyak topik bahasan lain yang juga diperdalam pada bagian selanjutnya. Tentu sangat rugi, jika tidak bisa mengambil pelajaran berharga dari buku ini.

Sementara bagi para ustadz atau penceramah, buku ini bisa menjadi inspirasi untuk melakukan hal serupa, dengan membukukan ceramah yang pernah disampaikan pada masyarakat. Selain itu, tentu juga bisa sebagai penambah ilmu dan pemikiran, untuk disampaikan pula pada masyarakat.

Judul : Al-Fathu Ar-Rabbani Wa Al-Faidhu Ar-Rahmani
Penulis : Syekh Abdul Qodir Al-Jailani
Penerjemah : Karman As’ad Irsyadi
Penerbit : DIVA Press
Cetakan : Pertama, Januari 2010 Tebal : 605 Halaman

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: