Oleh: hendrinova | Mei 14, 2010

Jalan Meraih Predikat Guru Favorit


Profesi guru akhir-akhir ini jadi incaran banyak pencari kerja. Tidak hanya mereka yang memang dari awal ingin jadi guru, mereka yang menempuh jalur ilmu murni pun, ramai-ramai mengambail Akta IV, agar bisa pula berkompetesi merebut pekerjaan menjadi guru.

Tentu berbeda antara seseorang yang sudah lama bergelut dengan ilmu keguruan, dengan mereka yang hanya belajar satu atau dua tahun. Namun sayangnya, tes-tes yang dilakukan untuk merekrut guru, hanya membahas sebatas kemampuan menjawab soal dan tes wawancara.

Siswa secara tidak langsung dipaksa menerima guru yang dipilihkan pemerintah. Padahal tidak semua guru-guru baru itu mampu mengajar di depan kelas. Jika pun mampu, mereka ada yang tidak memahami psikologis siswa, kurang menguasai pengelolaan kelas dan sebagainya.

Maka jangan heran, jika dari 100 guru, yang benar-benar menjadi favorit 20 atau 30 orang saja. Lalu tertutupkah kesempatan untuk menjadi guru teladan? Jelas tidak, karena jalan itu terbuka bagi semua orang.

Asal mau belajar, tentu predikat itu bakal didapat juga. Pertanyaannya, apakah mau belajar atau tidak?

Jika mau belajar, maka buku berjudul Menjadi Guru Favorit! ini bisa dijadikan rujukan. Setidaknya ada 10 tahap yang harus dijalani, agar status guru favorit bisa diraih. Antaranya, sabar, bisa menjadi sahabat, konsisten dan komitmen dalam bersikap, visioner dan misioner dan lain sebagainya.

Selain tahapan itu, juga ada beberapa sikap bijak yang harus dimiliki seorang guru. Antaranya memahami tumbuh kembang peserta didik, psikologi perkembangan anak didik dan lainnya.

Buku ini penting dibaca oleh semua guru di Indonesia, terutama yang berpredikat momok bagi murid. Bagi yang sudah berstatus guru favorit, tentu berguna untuk meningkatkan kemampuan menjadi lebih baik lagi. Hendri Nova

Judul : Menjadi Guru Favorit!
Penulis : Asef Umar Fakhruddin
Penerbit : DIVA Press
Cetakan : Pertama, Agustus 2009
Tebal : 257 Halaman

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: