Oleh: hendrinova | Maret 24, 2010

‘ALICE IN WONDERLAND’, Mimpi yang Terwujud


Alice (Mia Wasikowska) merasa ada sesuatu yang menguntitnya, sepanjang perjalanan menuju pesta pertunangannya dengan seorang pemuda bangsawan. Sekali-sekali, bayangan makhluk berupa kelinci putih, seolah-olah mengajaknya untuk mengikuti.

Tepat di saat sang pemuda mengucapkan kata lamarannya, Alice melihat White Rabbit (Michael Sheen). Ia langsung berlari mengejar, dan berhenti di sebuah lobang di bawah urat pohon besar.

Matanya menguntit sosok White Rabbit yang menghilang. Sayang tindakannya itu membuat tanah di sekitar lobang longsor, hingga menjatuhkan dirinya sampai ke dasar. Alice menyadari kalau ia berada di negeri asing. Ia merasa berada di ruangan yang selama ini ada dalam mimpinya.

Tanpa takut, ia meminum air yang ada dalam botol. Setelah meminum air itu, tubuhnya langsung mengecil. Ia pu berlari, mencari jalan keluar. Tapi ia tidak menemukan, dan malah mendapatkan roti yang kalau dimakan bisa membuatnya menjadi besar kembali.

Alice kembali memilih air di botol yang dapat mengecilkan tubuhnya. Setelah kembali berukuran mini, ia kembali mencari jalan keluar. Ia pun kemudian bertemu dengan suatu dunia yang penuh makhluk-makhluk asing. Di sana semua binatang dan tumbuhan bisa bicara, begitu juga dengan makhluk hidup yang berbentuk aneh.

Makhluk-makhluk seperti Cheshire Cat (Stephen Fry), Tweedledee dan Tweedledum (Matt Lucas), March Hare (Noah Taylor), Mad Hatter (Johnny Depp) dan Caterpillar (Alan Rickman), yang selama ini hanya dalam mimpi, kini bisa dilihatnya dengan nyata. Di perjalanan, Alice baru mengetahui kalau dirinya telah ditunggu-tunggu untuk merebut tahta yang diambil Red Queen (Helena Bonham Carter), dari White Queen (Anne Hathaway) pemilik tahta sebenarnya.

Perjalanan Alice menuju White Queen tidak berlangsung mulus. Pasukan yang dipimpin Red Queen terus memburunya, agar tak bisa bertemu White Queen. Berkat usaha, Alice berhasil bertemu dengan White Queen yang memang sudah lama menunggu.

Akhirnya peperangan pecah antara kedua belah pihak. Pasukan White Queen dan Red Queen bertemu, hingga menumpahkan darah. Alice sendiri, harus berjibaku melawan naga yang sangat bernafsu mengakhiri hidupnya.

Film yang besutan Sutradara Tim Burton ini, menawarkan dunia yang asing bagi penonton. Sebagaimana Avatar, film ini juga menawarkan pemandangan yang beda. Ada makhluk unik yang tentu saja hanya ada dalam film ini.

Karena beranjak dari cerita anak-anak, maka alur film ini tidak terlalu menarik. Akhir cerita mudah ditebak, walau Burton berupaya menggabungkan cerita dengan dunia nyata. Pertanyaannya, apakah Alice sewaktu masuk dalam Wonderland sedang bermimpi atau memang sebenarnya?

Soalnya, waktu keluar dari Wonderland, tidak ada waktu yang terlewatkan Alice. Pria bangsawan itu masih menunggu Alice, untuk menjawab ‘iya’ untuk jadi istrinya. Padahal lama juga lho Alice berada di Wonderland.

Keheranan lainnya ada pada baju yang dipakai Alice, yang begitu saja tersedia saat telah berubah wujud jadi kecil. Alice serta merta sudah memakai baju kecil, begitu keluar dari gaunnya kala berukuran tubuh normal.

Sebagai hiburan, film ini jelas sah-sah saja. Namun bagi yang memiliki keluarga, tentu harus memberikan penjelasan pada anggota keluarganya. Kalau film ini hanya sebuah hayalan, yang mungkin tidak akan terjadi dalam dunia nyata. Hendri Nova

Jenis : Fiksi
Pemain: Mia Wasikowska Johnny Depp, Anne Hathaway, Helena Bonham Carter, Crispin Glover
Sutradara : Tim Burton

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: