Oleh: hendrinova | Februari 1, 2012

Air Penting Bagi Kehidupan

Padang, Singgalang
Tulisan para wartawan di medianya masing-masing terkait pentingnya air bagi kehidupan, pastinya bisa menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga sumber daya air. Kalau tidak dijaga, maka manusia jugalah yang akan rugi di masa mendatang.

Hal itu diungkapkan Pimpinan Danone Aqua, Parmaningsih Hadinegoro, dalam acara Anugerah Jurnalistik Aqua 2011 bertempat di Wisma Antara Lantai II Jakarta, Rabu (18/1). Menurutnya, lomba merupakan acara yang tepat untuk membangkitkan semangat para jurnalis menulis tentang pentingnya air.

“Kami berharap dengan tulisan-tulisan dari rekan-rekan media, masyarakat dapat menyadari pentingnya mengkonsumsi air putih yang baik untuk tubuh dan bagaimana dapat tetap menjaga kebaikan alam ini dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan kami yakin, bahwa melestarikan lingkungan hidup dan melindungi sumber air, merupakan tanggung jawab bersama yang melibatkan banyak pihak terkait yang terus menerus dijalankan secara berkesinambungan,” katanya.

Anugerah Jurnalistik Aqua 2011 sendiri diadakan oleh Danone Aqua untuk kedua kalinya. Setelah melalui proses penjurian yang ketat, maka telah diputuskan para pemenang lomba karya tulis/foto jurnalistik Aqua, sekaligus memberikan penghargaan kepada wartawan dan fotografer yang telah berhasil mengangkat masalah pentingnya air dan lingkungan hidup.
Pada kesempatan yang sama, Danone Aqua juga memberikan penghargaan yang sama kepada para bloggers dan citizen journalists. Khususnya mereka yang menaruh minat pada peranan air untuk kesehatan manusia dan peningkatan produktivitas, melalui penghargaan untuk penulisan blog.

Program lomba karya jurnalistik ini merupakan hasil kerjasama Danone Aqua dan LKBN Antara, berdasarkan kesamaan misi untuk mensosialisasikan pentingnya air dan lingkungan hidup. Lomba berlangsung dari 1 Januari 2011 hingga 17 Desember 2011, terbuka bagi seluruh wartawan, kontributor dan koresponden resmi berbagai media cetak dan online di Indonesia.

Setelah ditutup tanggal 17 Desember 2011, terkumpul lebih dari 700 artikel dan foto yang berhak mengikuti lomba. Dari jumlah tersebut diseleksi lagi menjadi 30 artikel terbaik dan 60 foto terbaik untuk dipilih oleh Dewan Juri.

Dewan juri untuk katagori artikel terdiri atas Akhmad Kusaeni (Wakil Pemimpin Redaksi Perum LKBN Antara), Marah Sakti Siregar (Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat), dan Ignatius Haryanto (Direktur Lembaga Studi Pers dan Pembangunan). Sementara dewan juri untuk katagori foto terdiri atas Arbain Rambey (Harian Kompas), Beawiharta (Kantor Berita Reuters), dan Oscar Motuloh (Perum LKBN Antara).

Sementara dewan juri katagori bloger terdiri atas Asep Ja’far (www.antaranews.com), Heru Hendrayana (ahli hydrologi Universitas Gajah Mada), dan Rudyanto (blogger senior dari Dagdigdug). Mereka telah bekerja secara profesional, untuk mendapatkan para juara.

Menurut Parmaningsih program karya tulis/foto ini bertujuan mengapresiasi rekan-rekan jurnalis. Danone Aqua sadar pentingnya peranan media dalam program edukasi, tentang peranan air dan lingkungan hidup.

“Kami sangat menghargai semangat rekan-rekan jurnalis di seluruh Indonesia, untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui tulisan-tulisan mereka baik dalam bentuk berita, artikel feature, hasil wawancara dan lain sebagainya,” katanya.

Sementara itu, Corporate Communication Director PT Tirta Investama, Troy Pantouw menambahkan, dari semua karya yang masuk para jurnalis telah menunjukkan kualitas karya yang mumpuni. Namun, layaknya sebuah perlombaan, telah terpilih karya-karya terbaik, yang memang unggul baik secara teknis, kesesuaian dengan tema, pemaparan yang baik, gagasan yang inspiratif, dan keunggulan-keunggulan lainnya.

“Terimakasih sebesar-besarnya atas antusias dan dukungan yang tiada putusnya dari rekan-rekan media serta para penulis blog untuk Anugerah Jurnalistik Aqua. Mari kita berikan karya jurnalistik terbaik anak bangsa demi mencerdaskan bangsa Indonesia tercinta,” tegas Troy.

Troy mengatakan, pada lomba karya jurnalistik Aqua untuk tahun 2011 telah ditambah menjadi tiga katagori, yaitu artikel, foto dan blog. Sebelumnya, hanya untuk katagori artikel terbaik. Di tahun-tahun yang akan datang, Danone AQUA akan terus menyempurnakan lomba karya jurnalistik ini dengan lebih memperbanyak katagori yang dilombakan.

Sementara Direktur Utama Perum LKBN Antara Ahmad Mukhlis Yusuf mengatakan, artikel dan foto yang diikutsertakan dalam Lomba Karya Tulis Jurnalistik Aqua diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat. Hendaknya masyarakat bisa melihat betapa pentingnya peranan air dalam kehidupan.

“Kami senang bermitra dengan Aqua, karena kami memiliki kesamaan misi untuk mengkampanyekan pentingnya air dan lingkungan hidup untuk kehidupan kita saat ini dan di masa yang akan datang. Sekaligus memotivasi rekan-rekan media cetak, online, fotografer dan bloggers untuk dapat terus mengangkat topik tersebut ke permukaan,” katanya.

Menurut Mukhlis, tulisan para jurnalis bukan semata-mata rangkaian kata-kata atau visualisasi peristiwa tanpa rasa, semuanya punya sudut pandang dan misi pencerahan bagi para pembacanya.

“Pencerahan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran manusia dalam mengelola dan memanfaatkan sumberdaya air secara bijak sungguh merupakan misi yang mulia,” ujarnya.

Sementara pemenang lomba jurnalistik posisi tiga besar direbut Mardiana Makmun dari investor Daily dengan judul karya ‘Ketika air putih menjadi gaya hidup’ sebagai juara I. Untuk juara II berhasil direbut Masduki Attamami dan Victorianus Sat Pranyoto dari LKBN Antara-Yogyakarta, dengan judul karya ‘Teka-Teki Air Kawasan Merapi’, dan juara III diraih Agung Wredho dari Koran Jakarta, dengan judul artikel ‘Mengolah Air Layak Konsumsi’.

Selain tiga besar, Danone Aqua juga memberikan penghargaan pada empat nominator lainnya. Mereka adalah Rahmat Santosa Basarah dari Republika, dengan judul karya ‘Air Aqua untuk Warga Desa’. Kedua Bagus Suryo dari Media Indonesia, dengan judul karya ‘Penghijauan untuk air berlimpah’.

Nominator ketiga diraih Muhammad Nur Rochmi dari Koran Tempo, dengan judul karya ‘Kekuatan air’. Dan nominator keempat diraih Hendri Nova dari Harian Singgalang Padang, dengan judul karya ‘Air penting bagi otak’.

Sementara pemenang karya foto jurnalistik diraih Anis Efizuddin
dari Antara dengan judul foto ‘Memanfaatkan air telaga’ sebagai juara satu. Disusul pemenang kedua dengan judul foto ‘Angkutan Air Bersih’ karya Yusuf Achmad, dari Reuters, dan juara III dengan judul foto ‘Diantara Polusi’ karya Arie Yudhistira, dari Seputar Indonesia.

Untuk nominator pertama dengan judul foto ‘Mandi air sumur’ diraih Fernando Toga dari Pos Kota. Nominator kedua dengan judul foto ‘Kekurangan air bersih’ diraih Sahrul Manda Tikupadang dari Antara.

Nominator ketiga dengan judul foto ‘Ambil air bersih’ diraih Yoma Times Suryadi, dari Suara Merdeka. Dan nominator keempat dengan judul foto ‘Air Bersih’ diraih Vidayyub Ahmad dari Seputar Indonesia.

Sedangkan kategori blog, juara I diraih Aisha Nindya Kirana, dengan alamat karya http://www.aishanindyakirana.blogspot.com/2011/12/jejak-jejak-air.htm.
Juara II diraih Norma Gesita, dengan alamat karya
http://nananotechou.multiply.com/journal/item/62/Mulai_hemat_air_dari_sekarang_atau_tidak_mandi_kelak, dan juara III diraih Waode Sitti Mudhalifana, dengan alamat blog
http://mudhalifanaharuddin.blogspot.com/2011/12/langkah-kecil-untuk-konservasi-air.html. Hendri Nova

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: