Oleh: hendrinova | Desember 30, 2011

Sukses Mengajar dengan Alat Bantu


Judul : Ragam Alat Bantu Media Pengajaran
Pengarang : Dina Indriana
Penerbit : DIVA Press
Cetakan : Pertama, Juli 2011
Tebal : 296 halaman

Media pengajaran memegang peranan penting dalam upaya transfer ilmu kepada anak didik. Kadang pelajaran lebih gampang masuk ke dalam memori siswa, dengan bantuan media pengajaran.

Guru yang pintar menggunakan media pengajaran, biasanya mampu memberikan materi dengan lebih menarik. Pertukaran antara teori dengan penggunaan media pengajaran, membuat mata siswa dihadapkan pada objek yang terus berubah.

Sangat berlawanan jika hanya mendengar guru menerangkan. Rasa bosan bahkan kantuk akan datang, karena hanya terfokus pada suara dan gerakan yang dibuat guru. Siswa pun hanya bisa berimajinasi akan semua hal yang terlontar dari mulut gurunya.

Ada banyak media pengajaran yang bisa digunakan oleh guru, dalam menciptakan suasana kelas yang hidup. Antaranya media grafis, bahan cetak, gambar diam dan beberapa media aplikatif dan praktis lainnya.

Media grafis termasuk media visual, yang fungsinya menyalurkan pesan dari sumber pesan ke si penerima. Media ini akan menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan fakta secara sederhana dan mudah untuk dibuat.

Media pengajaran yang termasuk media grafis antaranya grafik, sketsa, diagram, poster, bagan atau chart, papan flanel dan papan buletin. Kekurangan dari media-media ini, ia membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya.

Kemajuan dalam media pengajaran terus terjadi seiring perkembangan zaman. Kini pengajar juga bisa menggunakan OHT dan juga OHP. Dua alat ini, termasuk barang canggih yang mampu mempesar objek sehingga jadi lebih besar terlihat.

Media berikutnya bernama opaque projector. Meski kedengarannya baru dan memang belum banyak digunakan di sekolah, alat ini sudah lazim digunakan di kampus-kampus terkenal dan menerapkan sistem canggih.

Berikutnya berupa slide dan filmstrip. Dua alat ini, juga tak semua sekolah memilikinya. Selain mahal, cara mengoperasikannya pun menuntut ilmu khusus. Namun tentu tidak demikian halnya dengan kampus-kampus Jakarta misalnya, alat ini tentu bukan barang baru.

Selain media pengajaran di atas, ada lagi sarana belajar berupa media audio yang mencakup radio, pita perekam dan CD. Juga bisa menggunakan media film, televisi dan multimedia lainnya.

Sementara media pengajaran berbasiskan komputer, tentu juga tak bisa diabaikan. Apalagi saat ini, semua sudah menggunakan alat untuk mempermudah pekerjaan sehai-hari.

Jika semua media pengajaran terkuasai baik, maka anda akan termasuk seorang guru unggul dengan prestasi hebat. Apa yang disampaikan dengan mudah mengendap dalam memori siswa, sehingga gampang diingat kapan pun juga. Hendri Nova

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: